Kamis, 06 Januari 2011

Akhirnya, Polri Ijinkan Laga LPI


Kepolisian akhirnya memutuskan menerbitkan izin pertandingan pembukaan Liga Primer Indonesia (LPI). Keputusan itu diambil Kamis siang, 6 Januari 2011.

“Kami menerima rekomendasi dari PSSI Cabang Solo bahwa pertandingan itu direstui,” kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Edward Aritonang.

Edward mengatakan, UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Olahraga Nasional menyatakan bahwa sepakbola amatir berada di bawah naungan PSSI. Sementara itu, olahraga profesional berada di bawah Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Penerbitan izin pertandingan itu bukanlah kewenangan Polda Jateng, melainkan Polres Solo. Ini karena partai perdana LPI akan digelar tanggal 8 Januari 2011 mendatang di mana Solo FC akan menjamu Persema Malang di Stadion Manahan, Solo.

Keputusan itu diambil menyusul pertemuan antara Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Mabes Polri, dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Kamis siang. Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng menyatakan pemerintah menyerahkan segala keputusan soal penyelenggaran LPI kepada BOPI.

“Biarkan BOPI yang memutuskan soal penyelenggaraan LPI. Sebab, sesuai dengan peraturan, badan tersebut yang berwenang menyelesaikan masalah ini. BOPI berhak membuat keputusan apapun dan saya akan mengikutinya,” kata Andi di kantornya di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta.

Ketua BOPI Gordon Mogot sudah mengundang PSSI dan pihak LPI untuk bertemu membahas permasalahan ini. Pengurus PSSI tak hadir dalam pertemuan tersebut karena, sebagaimana dijelaskan Gordon, sedang berada di Qatar. BOPI akhirnya memutuskan menerbitkan rekomendasi untuk LPI.

“Secara undang-undang tidak ada alasan untuk tidak mengizinkan penyelenggaraan LPI. Dengan ketentuan itu, penyelenggaraan LPI, terlebih untuk tanggal 8, akan kami izinkan. Saat ini, kami hanya menunggu kelengkapan administrasi saja. Tinggal kami tanda tangan dan diserahkan ke kepolisian untuk mendapatkan surat izin keramaian,” kata Gordon.

Di tempat yang sama, pihak kepolisian yang diwakili Kepala Bagian Intelkam Komjen Pol. Wahono mengatakan akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan itu.

“Sesuai undang-undang kami berwenang memberikan izin keramaian umum dan kegiatan masyarakat lainnya. Kami menunggu surat dari BOPI terkait dengan penyelenggaraan LPI,” katanya.

Edward mengatakan kepolisian akan mengamankan laga pembuka LPI itu. Sejumlah personil telah dipersiapkan. “Ada 800 orang, gabungan,” kata dia.

Sumber
aksibintang

Tidak ada komentar: