Jumat, 21 Januari 2011

Afsel Dukung ASEAN Tuan Rumah Piala Dunia 2030



Goal.net Afrika Selatan berjanji untuk memberikan dukungan penuh bagi upaya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) guna mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2030.

Komitmen dukungan Afrika Selatan itu diberikan di Jakarta, Kamis, saat Duta Besar Afrika Selatan untuk ASEAN Noel Noa Lehoko menyerahkan surat kepercayaannya kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan.

"Saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Afrika Selatan atas kesuksesannya menyelenggarakan Piala Dunia 2010," kata Surin kepada Lehoko.

"Acara tersebut membantu meningkatkan citra negara anda ke level baru di mata masyarakat internasional," tambahnya.

Sementara itu Lehoko mengatakan dengan menyelenggarakan Piala Dunia 2010, salah satu peristiwa olahraga terbesar dunia, Afrika Selatan memainkan perannya dalam perayaan kemanusiaan.

"Ini adalah kerja keras dan kebanggaan kami. Dan akan merupakan suatu kehormatan bagi Afrika Selatan untuk berbagi pengalaman dan pelajaran dengan ASEAN," tambahnya.

Surin dan Lehoko juga berbagi pandangan mengenai sejumlah cara untuk meningkatkan kerja sama antara ASEAN dan Afrika Selatan di masa depan secara bilateral serta melalui berbagai forum internasional, antara lain PBB, G20, Uni Afrika, Gerakan NonBlok dan Kerja sama Selatan- Selatan.

Sebelumnya menurut sumber-sumber diplomatik, para Menteri Luar Negeri ASEAN telah sepakat mengusulkan ke para pimpinan kelompok wilayah ini untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Brazil akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014, disusul Rusia 2018 dan Qatar 2022. Tuan rumah Piala Dunia 2026 dan 2030 belum diputuskan.

Tidak ada komentar: