Rabu, 23 Februari 2011

Bayern Simpan Suka & Duka di Meazza



Detiksport Bayern Munich menyimpan kenangan indah dan memori buruk di Stadion San Siro alias Giuseppe Meazza. Saat menghadapi Inter Milan, Kamis (24/2/2011) dinihari WIB, Bayern jelas berharap kisah manis yang akan hadir.

Dihuni dua klub, AC Milan dan Inter Milan, stadion yang akan disambangi Bayern acap dikenal dengan dua nama. Milan lebih sering menyebutnya San Siro, sebagaimana stadion itu berlokasi, sedangkan Inter dengan nama Giuseppe Meazza.

Nama Giuseppe Meazza sendiri bukan tanpa arti. Nama itu dipilih sebagai penghormatan untuk seorang pemain legendaris yang pernah berseragam Inter dan juga Milan.

Sebagai stadion, San Siro atau Giuseppe Meazza ini tidak kalah melegenda. Sudah banyak episode penting dalam dunia sepakbola terukir di sana. Bayern pun punya lembaran-lembaran kisah sendiri di stadion tersebut.

"Kami punya kenangan indah dan juga yang tidak terlalu indah," tutur Chairman Bayern Karl- Heinz Rummenigge, yang juga pernah bermain untuk Inter, di situs resmi klubnya.

Momen terbaik Bayern di sana boleh jadi adalah pada tanggal 23 Mei 2001 silam. Saat itu The Bavarians mengalahkan Valencia lewat adu penalti untuk memastikan gelar juara Liga Champions nomor empatnya.

Selain itu, kenangan manis lainnya terjadi pada Desember 1988. Saat itu Bayern datang ke kota Milan untuk menghadapi leg II babak ketiga Piala UEFA, setelah ketinggalan 0-2 di kandang sendiri. Saat itu Bayern bangkit dan menang 3-1, untuk lolos berkat keunggulan agregat. Keajaiban Milan, begitu Bayern menyebutnya.

"Saat keajaiban Milan itu terjadi, aku berusia 14 atau 15, dan aku tidak akan melupakannya," ujar Direktur Olahraga Christian Nerlinger.

Salah satu kenangan buruk Bayern di stadion itu sendiri terjadi baru lima tahun lalu, pada Maret 2006 di babak knockout Liga Champions. Lawannya bukan Inter, melainkan Milan. Setelah main imbang 1-1 di kandang sendiri, Bayern kalah telak 4-1 di Milan.

"Tapi biar bagaimana pun itu adalah salah satu stadion terhebat di Eropa. Anda hanya harus datang ke sana dan menikmatinya," tegas gelandang Bayern Arjen Robben.

Tidak ada komentar: