Senin, 07 Februari 2011

Gulung Roma, La Beneamata Ancam Milan dan Napoli


Samuel Eto'o

Bolanews Delapan gol tercipta saat juara dan runner- up musim lalu, Inter Milan dan AS Roma, bersua di giornata ke-24 Liga Italia musim ini, Senin (7/2) dini hari WIB. Il Lupi mesti menyerah di tangan La Benemata dengan selisih dua gol.

Datang ke Giuseppe Meazza, AS Roma berniat mengulangi kemenangan seperti pada pertemuan pertama di musim ini, akhir September lalu. Saat itu, Francesco Totti cs. menang tipis 1-0 atas Inter Milan saat bermain di Stadion Olimpico.

Namun dalam laga kali ini, pelatih Claudio Ranieri tidak bisa menurunkan Francesco Totti, Adriano, dan David Pizzaro lantaran cedera. Ditambah, bek Phillipe Mexes yang menjalani hukuman larangan bertanding.

Sementara itu, tim tuan rumah kehilangan Dejan Stankovic, MacDonald Mariga, Lucio, Luca Castellazzi, Walter Samuel karena cedera. Sedangkan, Cristian Chivu tengah dilarang bertanding.

Laga baru berjalan tiga menit, Il Lupi dikagetkan dengan gol cepat dari Wesley Sneijder. Menerima operan dari Douglas Maicon, playmaker asal Belanda itu melepaskan tendangan terarah dari luar kotak penalti.

Sepuluh menit kemudian, AS Roma berhasil membalas lewat gol dari Fabio Simplicio. Diawali dari pergerakan Mirko Vucinic dan mengoper ke Marco Cassetti, yang langsung memberikan umpan tarik, Simplicio langsung menyambar bola di tengah kawalan dua pemain bertahan Inter Milan.

Pasukan serigala Roma kembali mengancam lewat tekanan yang diberikan oleh Jeremy Menez dan Marco Borriello. Tapi, Julio Cesar terbukti masih sangat tangguh dengan melakukan tiga kali penyelamatan gemilang. Pertama tendangan Menez dari dalam kotak penalti, dilanjutkan dengan meninju sundulan Borriello, terakhir menutup ruang tembak Menez dan sukses menghalau bola.

Penampilan kiper AS Roma, Julio Sergio, tidak mau kalah. Beberapa kali, Sergio menyelamatkan gawangnya dari ketajaman para penyerang Inter Milan. Tapi, Sergio menyerah saat Eto'o sukses merobek gawangnya. Menusuk hingga kotak penalti di sisi kiri pertahanan Roma, Eto'o dengan cerdik mengelabui John Arne Riise, kemudian melepaskan tendangan mendatar tanpa bisa dicegah oleh Sergio. Babak pertama ditutup dengan keunggulan satu gol Inter Milan atas tamunya.

Dalam laga yang berlansung seru itu, AS Roma mendapat mimpi buruk saat Nicolas Burdisso menjatuhkan Pazzini di kotak penalti. Selain dijatuhi hukuman penalti, Roma juga kehilangan Burdisso karena langsung dikartu merah oleh wasit. Eto'o yang ditunjuk sebagai algojo mengeksekusi penalti tersebut dengan tenang, walau Sergio telah menebak tendangan Eto'o dengan benar.

Gol keempat Inter Milan dicetak oleh Thiago Motta. Berawal dari tendangan penjuru, Sneijder melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Roma dan langsung disambut oleh Eto'o, yang mengarahkan bola ke Motta yang sudah berdiri di depan gawang Roma, kemudia langsung menceploskan bola.

Kendati begitu, AS Roma tidak mau menyerah begitu saja. Dua gol balasan yang masing-masing dicetak oleh Mirko Vucinic dan Simone Loria dalam waktu kurang lebih lima menit. Vucinic mencetak gol setelah merubah arah bola setelah Daniele De Rossi di depan kotak penalti Inter pada menit ke-75. Setelah itu, lewat kemelut di depan gawang, Loria menipiskan selisih gol menjadi tinggal satu gol. Para punggawa Roma pun kian bersemangat untuk bisa menunda kemenangan Inter Milan.

Tapi, La Beneamata mengunci kemenangan mereka pada satu menit jelang injury time lewat torehan gol dari Esteban Cambiasso. Eto'o menjadi aktor dari gol Cambiasso tersebut. Setelah menusuk hingga ke dalam kotak penalti Roma, Eto'o mengirim bola ke Cambiasso, yang langsung mengarahkan bola ke gawang I Gialorossi.

Kemenangan ini membawa Inter Milan terus menempel pemuncak klasemen, AC Milan, dengan selisih lima angka, dan menduduki tempat ketiga. Tapi, La Beneamata masih menyisakan satu pertandingan lagi. Sementara AS Roma masih bertengger di peringkat ketujuh dengan raihan 39 poin.

SUSUNAN PEMAIN
INTER : Júlio César; Andrea Ranocchia, Ivan Cordoba, Javier Zanetti, Maicon; Thiago Motta, Wesley Sneijder (75'Yuto Nagatomo), Esteban Cambiasso, Houssine Kharja; Giampaolo Pazzini (70'Diego Milito), Samuel Eto'o.
Pemain cadangan: Marco Materazzi, Paolo Orlandoni, Goran Pandev, Diego Milito, Yuto Nagatomo, Philippe Coutinho, Joel Chukwuma Obi.

ROMA : Julio Sergio; Nicolás Burdisso, Juan, John Arne Riise; Marco Cassetti; Daniele De Rossi, Fabio Simplicio (71'Leandro Greco), Simone Perrotta (67'Rodrigo Taddei); Mirko Vucinic, Marco Borriello, Jérémy Menez (64'Simone Loria).
Pemain cadangan: Rodrigo Taddei, Paolo Castellini, Simone Loria, Aleandro Rosi, Leandro Greco, Doni, Guillermo Burdisso.

HASIL LENGKAP SERI A GIORNATA 24
Udinese 2 - 0 Sampdoria
Cagliari 1 - 3 Juventus
Bologna 1 - 0 Catania
Brescia 2 - 0 Bari
Lazio 1 - 1 Chievo
Napoli 2 - 0 Cesena
Genoa 1 - 1 Milan
Lecce 2 - 4 Palermo
Parma 1 - 1 Fiorentina

Tidak ada komentar: